Strategi Penjualan Online Bagi Para Pebisnis Pemula

Bagi sesorang yang baru mengenal dunia bisnis dan memiliki niat untuk membuat sebuah bisnis online tentunya akan cukup kesulitan dalam menerapkan strategi penjualan online. Pada dasarnya menerapkan strategi penjualan online bisa dikatakan cukup mudah namun tidak semua pebisnis bisa melakukannya. Jangankan, para pebisnis online pemula, pebisnis yang sudah lama terjun ke dunia bisnis online juga sebagian masih belum paham bagaimana cara menerapkan strategi penjualan online agar sesuai yang diharapkan.

Kemunculan media sosial dan semakin canggihnya teknologi saat ini tentunya menjadi pendukung para pelaku bisnis untuk mengembangkan usahanya. Banyak sekali pelaku bisnis yang memanfaatkan media sosial untuk berjualan produk atau jasa. Namun, untuk menjadi sukses seperti beberapa pebisnis lain yang berjualan produk online tentunya membutuhkan perjuangan dan juga ide kreatif. Bagi para pemula mungkin akan cukup kesulitan untuk memulai bisnis yang akan dijalankan, oleh sebab itu pada ulasan berikut ini kita akan membahas tentang beberapa strategi penjualan online bagi para pebisnis pemula :

  1. Luruskan niat dan milikilah mindset bisnis yang benar hal utama yang harus diperhatikan saat ingin mulai bisnis online. Bagian ini memang sangat penting sekali untuk diperhatikan bagi para pemula terutama dalam meluruskan niat.
  2. Setelah niat dan mindset telah tertanam didalam diri kita, langkah selanjutnya yaitu pikirkan apa yang akan kita jual. Dalam hal ini yang perlu anda lakukan terlebih dahulu yaitu riset pasar. Sebagai pebisnis baru anda tidak boleh sembarangan dalam menentukan produk yang dijual, untuk menentukan produk yang dijual anda bisa melihat kebutuhan konsumen terlebih dahulu dan melihat produk apa yang sedang trend dikalangan konsumen. Nah, setelah anda melakukan riset dan menemukan produk yang akan dijual, langkah selanjutnya yaitu mencari supplier yang bisa dijadikan sebagai pemasok barang anda terlebih dahulu.
  3. Jika produk yang akan anda jual telah menemukan titik terang, strategi berikutnya yaitu buatlah toko online maupun website jualan. Dalam hal ini anda harus pintar dalam membuat toko online terutama dalam hal penamaan toko, usahakan berilah nama toko yang mudah diingat oleh konsumen. Setelah toko online anda buat kaitkan toko tersebut dengan media sosial yang anda punya agar proses pengenalan toko lebih cepat.
  4. Promosikan lapak jualan online anda melalui media sosial seperti facebook, instagram, line dan sebagainya. Disini juga anda bisa menggunakan jasa blogger atau selebgram untuk mempromosikannya.
  5. Saat anda telah memulai bisnis ditoko online usahakan setiap produk yang anda posting adalah foto asli yang anda buat tentunya dilengkapi dengan deskripsi produk secara rinci. Sebagai pemilik toko online juga tentunya anda harus responsive atau dikenal dengan fast respon agar para calon konsumen merasa terlayani.

Itulah beberapa strategi penjualan online bagi para pebisnis pemula. Semoga ulasan ini bermanfaat dan menjadi pengetahuan untuk anda terutama para calon pebisnis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*